Rabu, 02 Januari 2019

TOKOH-TOKOH FILSAFAT



Activity 1        : Ideology of Education

Ideologies of Education
Tokoh
Keterangan
Radical
1.      Tan Malaka
2.      Noam Chomsky
3.      Paulo Freire
4.      Iyal Illich
5.     Arthur Schopenhauer
Radikalisme adalah sebuah kelompok atau gerakan politik yang kendur dengan tujuan mencapai kemerdekaan atau pembaruan electoral yang mencakup mereka yang berusaha mencapai republikanisme, penghapusan gelar, redistribusi hak milik dan kebebasan pers, dan dihubungkan dengan perkembangan liberalisme. Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, pendidikan dijadikan  sebagai batu loncatan untuk menuju kepada paham radikalisme tersebut.
Conservative
1.      George Washington
2.      Edmund Burke
3.      Joseph de  Maistre
4.      Abraham Lincoln
5.      Emile Durkheim
6.      Hyman Rickover
7.      Arthur Bestor
8.      Thomas Aquinas

Konservatisme adalah sebuah filsafat politik yang mendukung nilai-nilai tradisional. Istilah ini berasal dari bahasa latin, conservāre, melestarikan (menjaga, memelihara, mengamalkan). Karena berbagai budaya memiliki nilai-nilai yang mapan dan berbeda-beda, kaum konservatif di berbagai kebudayaan mempunyai tujuan yang berbeda-beda pula. Sehingga dalam paham ini, perbedaan dianggap sebagai sesuatu yang alami dan sangat umum terjadi.
Liberal
1.      John Dewey
2.      Maria Montes
3.      John Rawls
4.      Thomas Jefferson
5.      Jean Paul Sartre
6.      Francisco Suares
7.      Richard Price
Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama. Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. Dalam paham ini pendidikan terlepas dari pengaruh aspek politik dan lain-lain.

Hummanist
1.      Abraham Maslow
2.      Berger Swiss
3.      Faucoult
4.      Ki Hajar Dewantara
5.      JJ Rousseau
6.      Michel de Montaigne

Humanisme adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Dalam dunia pendidikan paham ini lebih erat kaitannya dengan penanaman nilai-nilai kemanusiaan dan karakter siswa.
Progressive
1.      John Dewey
2.      Georges Santayana
3.      Anaximander
4.      Paulo Freire
5.      William James
6.      Hans Vaihinger
Progressive adalah suatu perubahan yang terjadi yang sifatnya maju, meningkat, meluas, berkelanjutan atau bertahap selama periode waktu tertentu baik secara kuantitatif ataupun kualitatif. Dalam dunia pendidikan, paham ini menolak pengajaran yang otoriter dan mengedepankan pembelajaran siswa aktif atau student center.
Socialist
1.      Robert Owen
2.      Karl Popper
3.      Emile Durkheim
4.      Auguste Compte
5.      Karl Max
6.      Harold Rug
7.      George Count
Sosialisme atau sosialis adalah sistem sosial dan ekonomi yang ditandai dengan kepemilikan sosial dari alat-alat produksi dan manajemen koperasi ekonomi serta teori politik dan gerakan yang mengarah pada pembentukan sistem tersebut."Kepemilikan sosial" bisa merujuk ke koperasi, kepemilikan umum, kepemilikan negara, kepemilikan warga ekuitas, atau kombinasi dari semuanya.  Pendidikan diharapkan dapat menjadi penata kembali kehidupan masyarakat khususnya dalam bidang perekonomian.
Democracy
1.      John Dewey
2.      Thomas Jefferson
3.      Lawrence Kohlberg
Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Demokrasi juga merupakan seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan beserta praktik dan prosedurnya.








Activity 2        : Nature of Education

Nature of Education
Tokoh
Keterangan
Obligation
1.      John Dewey
2.      Hugo Grotius
Obligation adalah tindakan yang harus diambil seseorang, baik secara hukum atau moral. Ada juga kewajiban dalam konteks normatif lain, seperti kewajiban etiket, kewajiban sosial, agama dan mungkin dalam hal politik, di mana kewajiban adalah persyaratan yang harus dipenuhi. Ini pada umumnya kewajiban hukum, yang dapat dikenakan penalti untuk tidak terpenuhinya, meskipun orang-orang tertentu berkewajiban untuk melakukan tindakan tertentu untuk alasan lain juga, baik sebagai tradisi atau karena alasan sosial.
Preserving
1.      JJ Rousseau
2.      Socrates
3.      Ibnu Kaldun
Menyediakan dan mengembangkan sistem pendidikan kesemua yang terlibat secara implisit maupun eksplisit untuk bekerjasama walaupun mempunyai keberagaman atau perbedaan.

Exploiting
1.      Martin Bobber
2.      Karl Jasper
3.      Heraclitus
4.      Mikhail Bakunin
5.      Sorenn Kierkegaard
6.      Gabril Marcel
  Pendidikan untuk memberikan kesadaran bagi siswa agar dapat menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan juga mempunyai pilihan dalam pengambilan keputusan.
Transforming
1.      George Count
2.      Voltaire
3.      Desiderius
4.      Harold Rugg
Siswa merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat membuat suatu perubahan atau pembaharuan dalam lingkup sosial dan masyarakat ke arah yang lebih baik dan lebih luas dalam konteks ilmu pengetahuan .
Liberating
1.      Hans Vaihinger
2.      John Dewey
3.      William James
4.      Georges Santayana
Dalam dunia pendidikan, sangat diakui bahwa perbedaan karakteristik siswa memang sangat beragam, sehingga dalam paham ini mengacu pada pendidikan karakter yang terbentuk dari kekuatan olah pikir dari setiap siswa.
Needs
1.      Plato
2.      Aristoteles
3.      Nicole Oresme
4.      Thomas Aquinas
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia yang berfikir, bagaimana menjalani kehidupan dunia ini dalam rangka mempertahankan hidup dalam penghidupan manusia.
Democracy
1.      John Dewey
2.      John Locke
3.      Aristoteles
·         Rasa hormat terhadap harkat dan martabat sesama manusia. Dalam hal ini demokrasi dianggap sebagai pilar pertama untuk menjamin persaudaraan hak manusia dengan tidak memandang jenis kelamin, umur, warna kulit, agama dan bangsa.
·         Setiap manusia memiliki perubahan ke arah pikiran yang sehat. Dengan acuan prinsip inilah yang melahirkan adanya pandangan bahwa manusia itu haruslah dididik, karena dengan pendidikanlah manusia akan berubah dan berkembang kearah yang lebih sehat dan baik serta sempurna.
·         Rela berbakti untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama. Dalam konteks ini, pengertian demokrasi tidaklah berarti dibatasi oleh kepentingan individu-individu lain, atau dengan kata lain bahwa seseorang menjadi bebas karena orang lain menghormati kepentingannya.




Activity 3        : The Nature of Mthematics

Nature of Mathematics
Tokoh
Keterangan
Body of Knowledge
1.      Paul Ernest
2.      Afred North Whitehead
3.      Plato
Matematika sebagai ilmu pengetahuan atau ilmu dasar dalam segala macam ilmu pengetahuan.
Science of Truth
1.      Immanuel Kant
2.      Russel
3.      Moore
4.      Tarski
5.      Ramsay
  Matematika merupakan ilmu pasti yang kebenarannya tidak perlu diragukan lagi, matematika bersifat mutlak dan tidak relatif.

Structure of Truth
1.      David Hilbert
2.      Leibnes
3.      Socrates
4.      Carneades
5.      Auguste Compte
Matematika merupakan ilmu simbol yang terstruktur, karena setiap pembelajaran matematik dilakukan secara bertahap dan teratur.
Process of Thinking
1.      Jean Piaget
2.      Rene Descartes
3.      Alan Turing
4.      Augustus de Morgan
5.      Petrus Hispanus
Proses berpikir merupakan analisis atau pembuktian terhadap suatu pengetahuan atau pembelajaran-pembelajaran dalam matematika.
Social Activities
1.      Samuel Von Pufendorf
2.      Jacques Rousseau
3.      Jerome Seymour Bruner
4.      Lev Vygotsky
5.      Max Weber
Dalam pembelajaran matematika sangat erat kaitannya dengan proses pemecahan masalah. Dalam prosesnya siswa berinteraksi dengan guru menemukan langkah atau tahapan-tahapan dalam pemecahan masalah tersebut.





Sumber            : Wikipedia
www.uny.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar